Ke Indonesia, Raja Arab akan Bawa 7 Pesawat Raksasa

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 1 Maret 2017. Tidak tanggung-tanggung mereka akan membawa tujuh pesawat raksasa untuk mengangkut rombongan.

Tujuh pesawat yang akan digunakan  berukuran wide body yang terdiri dari dua unit Boeing 777, satu unit Boeing 747 SP, satu unit Boeing 747-300, satu unit Boeing 747-400, satu unit Boeing 757,  serta satu unit pesawat Hercules.

Ida Bagus Ketut Juliadnyana, Corporate Communication Department Head Angkasa Pura I mengatakan seluruh pesawat akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Direncanakan, Raja Salman dan rombongan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Raja Salman dijadwalkan berada di Jakarta dari tanggal kedatangan hingga tanggal 4 Maret 2017. Selama itu, ketujuh pesawat akan diparkir di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Sedangkan pada tanggal 4 Maret 2017, Raja Salman direncanakan bertolak ke Bali untuk berlibur hingga  9 Maret 2017. Pesawat Raja Salman akan mendarat di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Meski demikian, tidak semua pesawat akan diinapkan di Bandara Ngurah Rai sampai tanggal 9 Maret. Ada beberapa pesawat yang akan diinapkan di bandara-bandara terdekat,” ujar Ida Bagus kepada kompas.com Rabu 22 Februari 2017.

Bandara mana saja yang akan jadi tempat parkir pesawat rombongan Raja Arab, Ida Bagus belum dapat memastikannya. Hingga saat ini, hal itu masih dalam tahap koordinasi.

Meski demikian, Ida Bagus memastikan bahwa bandara-bandara di Indonesia siap menerima dan melayani kedatangan Raja Salman dan rombongan.

Sebelumnya dikabarkan  Raja Salman akan membawa rombongan besar dalam kunjungannya ke Indonesia dengan  membawa lebih kurang 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran.