Beberapa Hal yang Ada di Pesawat, Tetapi Sulit Dilihat Penumpang

Maskapai di Indonesia Hanya Jadi Batu Loncatan Pilot Asing

Pesawat komersial membawa  beberapa  peralatan yang jarang dilihat oleh penumpang atau bahkan penumpang tidak menyangka mereka ada di pesawat.

Salah satu yang ada di pesawat adalah borgol. Jadi jagalah sopan santun ketika di pesawat, karena jika seseorang sudah dianggap membahayakan, alat ini akan dikekeluarkan untuk memborgol penumpang nakal agar tidak mengganggu penumpang lain atau bahkan penerbangan secara umum.

Alat lain yang ada di pesawat adalah defibrillator, atau alat pemicu jantung. Meski alat ini tidak diwajibkan ada, tetapi sebagian maskapai membawanya.

Qantas adalah salah satu maskapai  pertama yang memperkenalkan defibrillator di semua pesawat dan semua penerbangan komersial yang berbasis di AS sekarang juga membawanya. Alat ini juga dibawa oleh  Emirates, British Airways, Lufthansa dan Virgin Atlantic.

Hal lain yang penumpang tidak tahu adalah seorang marshal ada di pesawat. Tetapi jangan harap Anda akan tahu yang mana orangnya. Mereka selalu menyamar seperti penumpang biasa.

Sky Marshal mempertahankan profil yang sangat rendah dan tugas mereka adalah menjaga keselamatan pesawat dan penumpangnya terutama terhadap teroris, mereka membawa senjata, tetapi mereka hanya akan beraksi dalam situasi yang ekstrem. Mereka juga tidak akan membantu awak kabin jika ada penumpang mabuk.

Sky Marshal tidak memang tidak ada di setiap penerbangan. Mereka biasanya ada di pesawat-pesawat yang berada di jalur atau rute rawan terhadap pembajakan.

Alat lain yang juga dibawa pesawat adalah kapak. Senjata ini akan digunakan jika dalam kasus terjadi kecelakaan atau pendaratan darurat. Kapal digunakan untuk merobek panel atau dinding pesawat untuk jadi jalan darurat.

Alat pemadam kebakaran juga hal lain yang ada di pesawat tetapi tidak bisa dilihat oleh penumpang