Gendong Lansia, Dua Pramugari Garuda Dipanggil Menteri Perhubungan

Farchan Noor Rachman/ Twitter

Dua pramugari Garuda Indonesia yang mendapat sorotan di media social karena menolong penumpang lanjut usia mendapat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Budi memanggil dua pramugari maskapai nasional bernama Vera (pramugari junior) dan Ninik Septinawati (Flight Service Manager) itu dengan didampingi Direktur Pelayanan Garuda Indonesia Nicodemus P. Lampe.

Tindakan kedua pramugari menjadi pembicaraan hangat di sosial media dan media massa saat membantu penumpang perempuan lanjut usia. Lansia tersebut membutuhkan kursi roda untuk bisa keluar pesawat dan melanjutkan ke penerbangan berikutnya pada Sabtu 7 Januari 2017.

Vera, 19 tahun bahkan berinisiatif menggendong sang nenek agar bisa duduk di kursi roda yang berada di pintu depan pesawat. Sedangkan pramugari senior Vera, Ninik, menjaga keduanya dari depan. Tindakan Vera yang menggendong difoto salah seorang penumpang dan diunggah di media sosial, yang kemudian menjadi viral.

“Saya spontan saja menawarkan diri untuk membantu dan menggendongnya karena saya pikir ini sudah menjadi bagian dari pelayanan kami selaku pramugari Garuda,” ujar Vera.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Budi mengatakan merasa perlu memberikan penghargaan atas apa yang dilakukan kedua pramugari. Tindakan keduanya telah menunjukkan sebuah kepedulian sekaligus bukti akan pelayanan yang profesional. Hal ini menjadi contoh keteladanan dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

“Spontanitas untuk membantu penumpang yang membutuhkan pertolongan itu sangatlah perlu bagi pelayanan di industri jasa transportasi. Semangat melayani dengan tulus telah memberi warna tersendiri. Biarlah dedikasi ini memberi inspirasi bagi yang lain dan teruslah melayani dengan tulus,” ucapnya dilansir Antara.

Budi mengklaim akan memberikan penghargaan kepada karyawan dan siapa pun yang dinilai melakukan tindakan atau memberikan pelayanan yang luar biasa kepada pemangku kepentingan transportasi. Begitu pun kepada petugas bandara yang menggagalkan berbagai tindakan penyelundupan atau tindakan signifikan lain dalam menegakkan aturan dalam dunia perhubungan.

Baca juga:

Inilah 60 Cabin Crew Paling Seksi di Dunia