4 Typhoon Inggris Tiba di Malaysia

Sebanyak empat jet tempur Eurofighter Typhoon milik Royal Air Force atau Angkatan Udara Inggr telah mendarat di Malaysia.

Typhoon diterbangkan oleh 1 (Fighter) Squadron dari RAF Lossiemouth dan tiba di Pangkalan Udara Butterworth Royal Air Force Malaysia (RMAF) untuk Latihan Bersama Lima 16.

Angkatan Udara Inggris dalam pernyataan persnya Minggu 2 Oktober 2016 menyatakan Typhoon tiba dengan dukungan Tanker RAF Voyager. Pesawat total terbang 7600 mil yang  menunjukkan bahwa RAF dan Typhoon memiliki jangkauan global dan dapat diproyeksikan ke seluruh dunia.

RAF
RAF

Latihan Bersama Lima 16 adalah latihan lima kekuatan pertahanan udara atau Five Powers Defence Arrangement (FPDA)  yang melibatkan Inggris, Malaysia, Singapura, Australia dan Selandia Baru. RAF akan beroperasi dari Pangkalan Angkatan Udara Malaysia (RMAF) Butterworth.

“Kami benar-benar berharap untuk Latihan Bersama Lima dan kami benar-benar berterima kasih kepada Malaysia untuk mengundang latihan ini. Setiap hari kita akan melakukan misi pelatihan besar dengan semua angkatan udara. Latihan ini memberikan kita kesempatan yang fantastis untuk melatih dan meningkatkan integrasi dan efektivitas kami dengan semua negara yang berpartisipasi “.

Latihan berlangsung dari 04-21 Oktober 2016 dan merupakan bagian pertama dari East Venture. Setelah Bersama Lima, Typhoon RAF kemudian akan disebarkan untuk latihan di Jepang dan Republik Korea.

Typhoon adalah pesawat tempur multirole yang mampu dikerahkan dalam operasi udara spektrum penuh, dari pengawasan udara, dukungan perdamaian dan konflik intensitas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.