Begini Perjuangan Astronom Melihat Gerhana Matahari dari Pesawat

    Satu orang secara menakjubkan bisa mengubah jalur penerbangan. Gerhana Matahari Total adalah alasannya.

    Joe Rao, astronom di American Museum of Natural History Hayden Planetarium di New York, Amerika Serikat, adalah pengejar gerhana, atau seseorang yang melintasi dunia untuk mencari momen sempurna ketika bulan lewat di antara bumi dan matahari.

    Pada 2015, ketika mencoba untuk mencari tahu tempat terbaik untuk melihat Gerhana Matahari Total, dia membayangkan melihat peristiwa langka itu dari pesawat yang mengudara. Setelah mencari-cari jadwal penerbangan yang pas, Rao menemukan bahwa penerbangan Alaska Airlines perjalanan dari Anchorage, Alaska, ke Honolulu, Hawaii akan melewati jalur Gerhana Matahari Total.

    Namun, ada pekerjaan yang tak gampang untuk menikmati gerhana secara sempurna dan indah. Penumpang pesawat hanya akan melihat gerhana jika keberangkatan penerbangan diundur 25 menit.

    Jadi, Rao mulai mengirim email ke Alaska Airlines, mengingatkan mereka akan adanya peristiwa langka berupa Gerhana Matahari Total dan mengusulkan perubahan penerbangan untuk menikmati fenomena alam itu. Namun, email-email Rao tak mampu menggerakkan Alaska Airlines.

    “Saya terus mengirim email kepada mereka,” kata Rao di ABC News, Rabu (9/3).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.