Siapa Sebenarnya yang paling Berhak atas Sandaran Lengan di Kursi Pesawat

Duduk di kursi pesawat terkadang memunculkan sedikit perdebatan yang tak terduga, yakni berebut sandaran siku. Bagi beberapa orang, sandaran siku sangat penting dan harus dipertahankan.

Beberapa yang lain terpaksa mengalah karena tak bisa sepenuhnya menyandarkan siku mereka. Jadi, apa yang seharusnya dilakukan saat menghadapi orang yang serakah terhadap sandaran siku di kursi pesawat.

Lizzie Post, co-host dari The Awesome Etiket Podcast, kepada New York Post, memaparkan kesopanan saat penumpang harus berbagi sandaran tangan?

Sandaran lengan di pesawat adalah bagian dari kedua kursi, atau ketiga kursi, tergantung berapa baris kursi di kabin.

Setiap orang bisa menggunakan sandaran lengan. Namun, dalam pesawat yang terdiri dari tiga kursi atau lebih, orang-orang yang duduk di tengah adalah yang paling berhak atas sandaran lengan di bagian tengah kursi. Alasannya sederhana. Mereka tidak memiliki jendela untuk bersandar dan melihat-lihat pemandangan. Mereka tidak memiliki lorong dan sandaran lengan di sisi terluar deretan kursi.

Bagaimana jika orang di jendela atau duduk dekat lorong tidak menyerahkan sandaran lengan di kursi tengah? Tindakan yang paling masuk akal adalah mengalah. Jangan menyulut pertikaian dengan cara berebut sandaran lengan. Risikonya terlalu besar, hanya demi sandaran lengan, Anda bisa didepak dari penerbangan.

Namun, jika Anda kena sikut orang yang sangat serakah terhadap sandaran lengan, Anda tidak bisa begitu saja mengalah.

Tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah menegur. Katakan bahwa si penumpang serakah itu harus berhati-hati terhadap sikut mereka.

Jika mereka tetap ngeyel dan Anda sangat terganggu, panggillah pramugari. Anda bisa bangun, mengadu ke awak kabin dan biarkan pramugari menyelesaikan persoalan.

Jika Anda sedang tertidur, sebisa mungkin jangan tempatkan lengan Anda di sandaran kursi bagian tengah. Dalam kondisi tertidur pulas, siku Anda bisa menyikut penumpang di sebelah dan membuatnya terganggu.

Jangan mengganggu sesama penumpang karena Anda pasti juga tak ingin terganggu bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.