Boeing Max Southwest Airlines Terancam Tidak Terbang

    Southwest Airlines Dihantam Turbulensi, Dua Kru Terluka

    Southwest Airlines Co. akan menjadi operator pertama yang menerima Boeing Max versi baru dari Boeing 737. Hanya saja, pesawat-pesawat baru itu bisa hanya duduk diam tanpa bisa terbang kecuali perusahaan mau memperbarui kontrak dengan 8.000 pilot.

    Serikat pilot mereka mengatakan Max tidak tercantum dalam perjanjian kerja saat ini sebagai pesawat mereka bisa mereka terbangkan, sebuah praktek umum di industri. Sementara Southwest mengatakan pesawat baru itu sama dengan pesawat 737-800 yang telah disebutkan dalam kontrak sebelumnya. Perbedaannya hanya menggunakan mesin diperbarui, dan tidak harus secara khusus diberi nama.

    Sebagaimana dilapokan Dallas News Selasa (1/03/2016), pada negosiasi November 2015 lalu masalah ini gagal disepakati. Kedua belah pihak kemudian akan memulai putaran baru pertemuan pada 22 Maret, dan kedatangan Max dapat menambah urgensi pembicaraan. Southwest mengharapkan untuk menerima pesawat pertama di kuartal ketiga 2017, sementara Boeing mengatakan pengiriman dapat datang lebih cepat.

    Para pilot akan memasuki pembicaraan dengan presiden baru dan komite negosiasi.
    Serikat pilot tidak detail menyebutkan ketentuan kontrak yang ditolak, selain mengatakan mereka meminta kenaikan gaji sesuai dengan maskapai besar lainnya dan termasuk perbaikan aturan kerja dan pensiun.

    Maskapai berusaha untuk mengimbangi kenaikan biaya dengan peningkatan jaminan produktivitas sebagai kompensasi untuk membayar lebih tinggi. Kontrak yang ditandatangani 2012 tetap berlaku sampai yang baru disepakati dan disetujui oleh serikat.
    Southwest membeli pesawat baru untuk memangkas biaya terbang pesawat model 737 yang lebih tua dan kurang efisien. Maskapai ini ingin seluruh armada mereka diisi 737-300 dan -500 pada pertengahan 2018, tiga tahun lebih awal dari rencana semula.

    Pengembangan Max telah berjalan mulus dan pesawat dapat menyelesaikan penerbangan pengujian pada akhir tahun ini. “Kami lebih cepat dari jadwal,” kata Greg Smith, Direktur Keuangan Boeing selama 3 Februari lalu. “Saya akan mengatakan itu sedikit lebih awal untuk menaikkan bendera kemenangan di pengiriman awal. Dan jika kita bisa melakukannya, dan pelanggan kami dapat mengakomodasi itu, kami akan melakukannya.”

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.