Kabin Mendadak Hilang Tekanan, Vietnam Airlines Putar Balik

Vietnam Airlines penerbangan tujuan Ho Chi Minh City terpaksa putar balik ke Hanoi pada Jumat (5/2/2016), setelah kehilangan tekanan di kabin yang melukai satu orang pramugarinya.

Pesawat maskapai nasional Vietnam nomor penerbangan VN227 itu mengangkut 137 penumpang. Sekitar 40 menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Noi Bai pada pukul 7.05 waktu setempat, kabin tiba-tiba kehilangan tekanan, yang secara otomatis membuat masker oksigen keluar.

Pilot pun segera meminta izin untuk kembali ke bandara Hanoi, dan akhirnya pesawat jenia Airbus A350 itu mendarat selamat di Noi Bai.

Maskapai itu dalam sebuah pengumuman pers yang dikutip tuoitrenews.vn, menuliskan, tidak ada penumpang terluka akibat persoalan tekanan di kabin itu. Namun satu pramugari dalam penerbangan itu terluka dan langsung mendapat pertolongan pertama begitu pesawat mendarat di Hanoi.

Semua penumpang kemudian dialihkan ke penerbangan Vietnam Airlines lainnya dan telah tiba dengan selamat di Ho Chi Minh City.

Pesawat Airbus A350 yang kehilangan tekanan itu baru digunakan sejak September 2015 lalu, dengan perawatan terakhir pada 13 Desember 2015.

Kapten dalam penerbangan VN227 bernama Nguyen Nam Chi, yang telah memiliki pengalaman 11.369 jam terbang, sedangkan kopilot bernama Nguyen Hong Ha, punya pengalaman terbang 1.919 jam terbang.

Khusus pesawat Airbus A350, Chi telah memiliki jam terbang 463 jam sedangkan Ha tercatat memiliki pengalaman 263 jam terbang dengan pesawat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.