Ini Dia Beberapa Runway Ekstrem di Dunia-Bag I

Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia-Bag I
Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia-Bag I

Terdapat sejumlah runway yang entah kenapa dibangun dengan tingkat kesulitan tinggi bagi pilot untuk take off maupun landing. Berikut sejumlah bandara ekstrem yang kami kumpulkan untuk Anda:

Ice Camp Barneo, Kutub Utara

Ice Camp Barneo-Kutub Utara, Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia

Landas pacu bersalju ini tak jauh dari Kutub utara dan hanya buka empat pekan dalam setahun. Dibangun di atas landasan es, runway ini difungsikan secara penuh untuk pesawat kargo seperti Antonov AN-74.

 

Bandara Wellington, Selandia Baru
Bandara Wellington-Selandia Baru-Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia-Bag I

Terletak di pusat kota Selandia Baru. Memiliki runway yang sangat pendek dan hanya bisa didarati pesawat kecil. Bandara ini dikenal karena pendaratan berturbulensi tinggi akibat efek aliran di Selat Cook yang rawan angin kencang.

 

Bandara Narsarsuaq, Greenland

Bandara Narsarsuaq, Greenland

Runway di bandara ini sangat pendek. Landasan ini dinilai sebagai runway paling menantang saat approach pesawat. Pilot harus terbang menghindari pegunungan fjord yang dikenal berangin kencang dan rawan turbulensi.

 

Kansai International Airport, Jepang

Kansai International Airport, Jepang

Lantaran harga tanah sangat mahal di Jepang, Negeri Sakura justru memilih membangun airport utama di pulau buatan di lapas pantai Teluk Osaka. Jika  Samudra tak membuat Anda gugup, daerah dibangunnya bandara ini sudah menjadi langganan terjadinya gempa, topan dan gelombang besar.

 

Gibraltar International Airport
Gibraltar International Airport

Di bandara ini, pengguna jalan tak mungkin melanggar lampu lalu lintas.
Masuk dalam ranking salah satu bandara paling ekstrem di dunia, Gibraltar International Airport menjadi bandara utama dari salah satu wilayah Inggris. Bandara ini memiliki jalan raya padat yang memotong landasan pacu. Bandara ini berada di bawah Departemen Pertahanan namun boleh digunakan untuk lalu lintas udara sipil. Setiap kali ada pesawat take off atau landing, lalu lintas jalan Winston Churchill Avenue yang padat harus dihentikan beberapa saat.

 Gibraltar International Airport
Demi keselamatan, pengemudi di jalan ini tidak lagi melihat sekeliling jalan, tapi melihat ke atas!

 

Bandara Agatti Aerodrome, Lakshadweep, India

Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia-Bag I

Runway sepanjang 4.000 kaki (1.200 meter) yang sempit hanya seukuran pulau ini tak memberi kesempatan sedikitpun bagi pilot untuk kesalahan mendarat. Pesawat tergelincir beberapa meter saja, penumpang minimal harus siap-siap berenang karenanya.

 

Don Mueang, Thailand

Ini Dia Runway Ekstrem di Dunia-Bag I

Tak banyak bandara di dunia yang memiliki tempat kursus golf dengan 18 hole tepat di antara runway. Salah pukul, bola bisa masuk mesin pesawat.

 

Juancho E Yrausquin, Pulau Saba, Kepulauan Karibia

 Juancho E Yrausquin

Berkedip sekejap saja, pilot bisa meleset saat mendarat. Hanya sepanjang 400 meter, landasan yang terletak di Kepulauan Karibia tersebut dianggap sebagai airstrip komersial terpendek di planet ini. Runway sempit ini hanya cocok untuk pesawat-pesawat kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.