Bandara Hamad Qatar, Jadi Sponsor Bayern Munich

Bayern Munich
Bayern Munich

Qatar bakal menjadi sponsor klub sepak bola Jerman, Bayern Munich. FC Hollywood, julukan Bayern, dipilih karena klub peraih 25 kali juara Bundesliga itu adalah tim terbaik di dunia di era modern selain Barcelona.

Chief Execuitive Officer Qatar Airways, Akbar Al Baker dalam keterangan pers menjelaskan, Qatar tidak terpengaruh dengan isu kontroversi tuan rumah Piala Dunia 2022. Menurutnya, dalam olahraga, siapapun berhak memberi dukungan. Sayangnya Al Baker tidak menjelaskan nilai kontrak dan durasi kesepakatan dengan Muenchen.

Seperti dikutip The National Business, Jumat (29/1/2016), ada perbedaan antara sponsor di Barcelona dengan Bayern Munich nantinya. Di Bayern, lebih menonjolkan Bandara Qatar, Hamad, sebagai sponsor. Bukan maskapainya. Letak tulisan Qatar pun berada di jersey bagian punggung. Untuk jersey bagian depan tetap milik Deutsche Telekom dengan lambang “T”. Logo ini tetap terpampang di dada pemain.

Qatar menjadi salah satu dari 10 sponsor Bayern Muenchen. Perusahaan ternama lainnya yang ikut di antaranya, Deutsche Post DHL dan Goodyear Tire & Rubber Co.

Qatar merupakan pemegang cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia. Meski belum pernah lolos ke putaran final Piala dunia, Qatar memiliki infrastruktur sepak bola yang maju dan modern.

Kontroversi kemudian muncul setelah negara ini berhasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mengalahkan saingan berat, AS, Jepang dan Australia. Isu suap pun mencuat. Diduga petinggi FIFA menerima “bingkisan” dana terkait dengan penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.